Mengenal Fungsi Wawasan Nusantara, Lengkap Dengan Dasar Pemikirannya

  • March 25, 2021

Seluruh bangsa Indonesia harus mempunyai dasar hukumyang sama bagi setiap warga negara, tanpa pengecualian. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk geografis, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan hukum. Seluruh warga negara indonesia harus taat dan patuh terhadap hukum yang berlaku. Selain itu, hukum word play pengertian wawasan nusantara here tidak boleh memiliki pengecualian-pengecualian sehingga memungkinkan terjadi kecurangan. Untuk memastikan hal ini, semua produk hukum harus bermuara kepada nilai nilai yang terkandung pada Pancasila dan UUD 1945. Dapat disimpulkan bahwa tujuan dari wawasan nusantara Indonesia sudah sangat sejalan dengan dasar negara dan dasar konstitusi negara kita.

Hal tersebut agar warga Indonesia dapat mengetahui jati diri bangsa Indonesia dan senantiasa selalu menjaga keutuhan bangsa Indonesia serta memegang teguh nilai-nilai pancasila. Frederich Ratzel berpendapat bahwa negara diibaratkan sebagai organisme yang hidup. Pertumbuhan Negara mirip dengan pertumbuhan organisme yang membutuhkan ruang hidup yang cukup agar dapat tumbuh dengan subur.

Sementara itu, sosial budaya yaitu pengetahuan keragaman budaya serta nilainya yang membentuk kesatuan bangsa. Mewujudkan kesatuan dan persatuan seluruh aspek kehidupan untuk menjamin kelangsungan penyelenggaraan bangsa. dan negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Liputan6.com, Jakarta Tujuan wawasan nusantara memiliki peran penting bagi perkembangan bangsa. Wawasan nusantara merupakan pengetahuan yang harus dipahami semua warga negara Indonesia.

Dalam pengertian wawasan nuantara juga mengandung fungsi dan tujuan. Wawasan nusantara memiliki fungsi sebagai sumber motivasi, panduan, dan inspirasi segala sikap dan tindakan yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Terutama masyarakat dan pemerintah untuk selalu menjaga dan memelihara keberagaman dan kesatuan demi terciptanya tujan nasional. Seluruh elemen masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan keadilan dalam segala macam aspek kehidupan bernegara, baik keadilan secara hukum, ekonomi, politik, serta sosial. Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintregasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan. Bahwa bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dengan bangsa lain ikut menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial melalui politik luar negeri bebas aktif serta diabdikan pada kepentingan nasional.

Wilayah Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi. Mulai dari potensi geostrategis kita yang sangat menguntungkan, wilayah lautan yang luas, hutan-hutan yang besar, hasil tambang dan minyak yang kaya, serta keanekaragaman hayati yang sangat besar. Oleh karena itu, implementasi kebijakan ekonomi harus memperhatikan hal-hal seperti ini. Ordonantie (Undang-Undang Belanda) 1939 mengenai penentuan lebar laut sepanjang 3 mil laut dengan cara menarik garis pangkal berdasarkan garis pasang surut. Ketentuan ini membuat Indonesia tidak dianggap sebagai suatu wilayah yang utuh karena dilalui oleh laut-laut Internasional dan diluar yurisdiksi nasional.

Pelaksanaan hukum harus sesuai dengan hukum dan pentingnya persatuan bangsa.Contohnya seperti dalam pemilihan presiden, anggota DPR, dan kepala daerah harus mengikuti prinsip demokrasi dan keadilan, sehingga tidak menghancurkan persatuan bangsa. Tujuan ke luar, yaitu terjaminnya kepentingan nasional dalam dunia yang serba berubah, dan ikut serta dalam mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial serta mengembangkan hubungan kerja sama dan saling menghormati. Ekonomi merupakan pengetahuan tentang pengelolaan segala sumber daya sebagai komoditas yang dapat dinikmati seadil-adilnya untuk kemakmuran rakyat.

Hal ini dapat dilakukan dengan tindakan nyata sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai religius, kekeluargaan, dan menjaga persatuan sesuai dengan Pancasila. Pengembangan budaya Indonesia, untuk melestarikan kekayaan Indonesia, serta dapat dijadikan kegiatan pariwisata yang memberikan sumber pendapatan nasional maupun daerah. Contohnya dengan pelestarian budaya, pengembangan museum, dan cagar budaya. Wilayah nusantara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi, seperti posisi khatulistiwa, wilayah laut yang luas, hutan tropis yang besar, hasil tambang dan minyak yang besar, serta memeliki penduduk dalam jumlah cukup besar. Corak ragam budaya yang ada harus menggambarkan kekayaan budaya bangsa. Hal inilah menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya dengan sikap tidak menolak nilai budaya lain yang tidak bertentangan dengan budaya bangsa.

pengertian wawasan nusantara

kebijakan, Wawasan Nusantara menjadi landasan visional dalam pengambilan keputusan untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasional. dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Upaya untuk terus membina persatuan dan keutuhan wilayah adalah dengan mengembangkan wawasan nasional bangsa.

Astrajingga

E-mail : admin@nuevashojasdelectura.com